Google dapat memecahkan pemblokir iklan dengan perubahan Chrome yang akan datang - BBN

BBN

blog ini bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Google dapat memecahkan pemblokir iklan dengan perubahan Chrome yang akan datang

Share This

 Ini konsekuensi yang tidak diinginkan dari rencana peningkatan keamanan dan kinerja. Google mengatakan tidak ingin menonaktifkan pemblokiran konten.

Sebuah rencana Google untuk meningkatkan browser web Chrome telah memicu ledakan kekhawatiran bahwa itu juga akan melumpuhkan ekstensi yang dirancang untuk memblokir iklan, meningkatkan privasi dan melindungi terhadap masalah keamanan.

Pendekatan yang diusulkan Google akan memblokir pemblokir iklan uBlock Origin, pemblokir pelacak Ghostery, privasi dan pengelola kata sandi Privowny, pemblokir perangkat lunak JavaScript NoScript dan pemblokir malware dari F-Secure, menurut pengembang mereka.

Namun dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, Google mengatakan sedang mencoba untuk meningkatkan Chrome sambil menjaga agar semua ekstensi itu berfungsi.

"Kami ingin memastikan semua kasus penggunaan mendasar masih memungkinkan dengan perubahan ini dan bekerja dengan pengembang ekstensi untuk memastikan ekstensi mereka terus berfungsi sambil mengoptimalkan platform ekstensi dan melindungi pengguna kami dengan lebih baik," kata perusahaan itu dalam
sebuah pernyataan.

Sebuah rencana Google untuk meningkatkan browser web Chrome telah memicu ledakan kekhawatiran bahwa itu juga akan melumpuhkan ekstensi yang dirancang untuk memblokir iklan, meningkatkan privasi dan melindungi terhadap masalah keamanan.

Kontroversi menunjukkan kesulitan yang timbul dari dominasi Chrome 10 tahun setelah debutnya. Peramban Google menyumbang 62 persen dari penggunaan situs web hari ini, menurut perusahaan analitik StatCounter. Tetapi jika perubahan Google menyebabkan masalah, maka penulis ekstensi dan pengembang situs web dapat terjebak dengannya kecuali mereka dapat membuat jutaan orang berubah ke browser yang berbeda seperti Mozilla Firefox atau Apple Safari.

Kekuatan Chrome juga diperkuat oleh fakta bahwa browser lain, termasuk Vivaldi, Opera, Brave dan Microsoft Edge segera, menggunakan yayasan open-source Chrome, yang disebut Chromium.

Ekstensi memungkinkan Anda menyesuaikan perilaku peramban web untuk melakukan hal-hal seperti mengambil tangkapan layar, mengelola tab, menonaktifkan perangkat lunak JavaScript yang berpotensi berisiko, dan bahkan mengganti foto Presiden Donald Trump dengan gambar anak kucing. Tetapi pemblokir iklan adalah penggunaan ekstensi teratas. Memang, itu adalah salah satu kegunaan yang secara khusus disebut oleh Google ketika pertama kali mengungkapkan rencana ekstensi Chrome-nya pada tahun 2008. uBlock Origin telah diinstal lebih dari 10 juta kali, misalnya, menurut statistik Toko Web Chrome.

Pengembang Ghostery Cliqz mengatakan perubahan yang diusulkan Google adalah radikal, dan mengancam tindakan hukum jika itu maju.

"Ini pada dasarnya berarti bahwa Google menghancurkan pemblokiran iklan dan perlindungan privasi seperti yang kita ketahui," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan, Rabu. "Apakah Google melakukan ini untuk melindungi bisnis periklanan mereka atau hanya untuk memaksakan aturannya sendiri pada orang lain, itu akan menjadi tidak lain dari kasus penyalahgunaan posisi yang mendominasi pasar. Jika ini menjadi kenyataan, kami akan mempertimbangkan untuk mengajukan keluhan antimonopoli. . "

Nasib Chrome Manifest v3

Google mengungkapkan perubahan pada Oktober lalu sebagai bagian dari rencana yang lebih luas untuk meningkatkan ekstensi Chrome. Beberapa pengembang baru sekarang memperhatikan bagian yang dapat melukai pemblokir iklan, yang disebut Manifest v3.

Manifest v3 dirancang untuk meningkatkan kinerja, privasi, dan keamanan ekstensi Chrome. Namun, satu bagian dari perubahan itu membatasi bagaimana ekstensi akan dapat memeriksa aspek situs web. Batas sulit mempengaruhi bagaimana ekstensi dapat memeriksa apakah elemen situs web berasal dari daftar ratusan ribu sumber iklan. Google telah mengusulkan batas 30.000.

Satu ekstensi yang dirancang untuk melindungi orang-orang yang mengklik tautan jahat, Blockade.io, "akan berhenti berfungsi" di bawah rencana Google Manifest v3, kata Brandon Dixon, yang mengelola ekstensi tersebut. "Ada batasan aturan 30K yang diberlakukan, yang tidak cukup untuk menangani aturan kami (~ 250K)," kata Dixon dalam posting milis Rabu.

Safari dan Firefox telah merangkul variasi teknologi ekstensi Chrome, sebuah pendekatan yang pada prinsipnya membuat hidup lebih mudah bagi penulis ekstensi yang mencoba mendukung banyak browser. Tetapi Privowny, Daniel Glazman, menyesalkan upaya yang gagal untuk mengubah teknologi ekstensi Google menjadi standar web yang dikembangkan dan didukung oleh semua browser secara kolektif.

Teknologi ekstensi peramban adalah "sepenuhnya di tangan Google, [yang] dapat dan akan mengubahnya kapan saja hanya berdasarkan kepentingannya sendiri," kata Glazman dalam posting blog Rabu.

Google mungkin akan mengubah rencana ekstensi, meskipun bukan keinginannya untuk meningkatkan kinerja dan keamanan, kata anggota tim Chrome Devlin Cronin dalam tanggapan milis Rabu.

"Desain ini masih dalam keadaan konsep, dan kemungkinan akan berubah," kata Cronin. "Tujuan kami bukan untuk menghentikan ekstensi."

1 comment:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages